Bahasa Perancis

Bahasa Perancis – Katakan “Ya”: Bedanya Oui, Si, Ouais & Mouais

moving_to_france

Dalam bahasa Perancis, ada beberapa cara untuk mengatakan “iya”. Yang paling mudah dan sering diucapkan adalah “oui” (dibaca ‘wi’). Oui digunakan ketika kita mengucapkan persetujuan untuk pernyataan yang positif, contoh – Tu aimes le chocolat ? Kamu suka coklat? – Oui. Iya. Setelah bilang ‘iya’ kamu juga bisa menambahkan penjelasannya: – oui, j’aime le chocolat. Iya, saya suka coklat. Ouais : bentuk gaul dari “oui” Ketika mendengar orang Perancis berbicara kita sering mendengar kata ini. – Tu habites en France ? Kamu tinggal di Paris? – Ouais, j’habite à Paris. Yep, aku tinggal di Paris. Ouais diucapkan seperti ‘wei’. Ouais ini kalau dalam bahasa Indonesia seperti “yep” atau “yoi”, yaitu bentuk gaul dari ‘oui’. Jaman dulu kata ini dianggap agak kasar, tapi sekarang orang cukup sering menggunakannya terutama bila berbicara dengan orang yang sudah akrab. Tapi biarpun demikian tidak berarti orang setiap waktu menggunakan kata ‘ouais’, seperti halnya kita tidak selalu mengucapkan ‘yep’ untuk bilang ‘iya’. Mouais : menunjukkan kalau kita tidak terlalu setuju Variasi dari “ouais” adalah “mouais” yang digunakan kalau kita tidak begitu antusias atau setuju akan sesuatu. Misalnya – Tu aimes le chocolat ? Kamu suka coklat? – Mouais, en fait, pas trop. Yah, sebenarnya, tidak terlalu. Mouais : menunjukkan keraguan Bentuk lainnya adalah “mmmmmouais”, yang diucapkan dengan ekspresi ragu-ragu atau sedikit tidak percaya. – Tu aimes le chocolat? Kamu suka coklat? – Non, je n’aime pas beaucoup ça. Tidak, aku tidak begitu suka. – Mouais… tout le monde aime le chocolat. Je ne te crois pas. yaa… semua orang suka coklat. Aku tidak percaya. Si : tapi kalau aku sih IYA “Si” adalah kata dalam bahasa Perancis lainnya yang berarti ‘iya’. Tapi kita menggunakannya pada kondisi tertentu, yaitu untuk mengatakan ‘iya’ saat orang lain mengatakan dalam bentuk negatif. Contoh: – Tu n’aimes pas le chocolat, n’est-ce pas ? Kamu tidak suka coklat, kan? – Mais, bien sûr que si ! J’adore ...

Read More »

Bahasa Perancis: Konjugasi Avoir

Strasbourg-France

 Konjugasi Kata Kerja Avoir Present Future Imperfect Present participle j’ ai aurai avais ayant tu as auras avais il a aura avait Passé composé nous avons aurons avions Auxiliary verb avoir vous avez aurez aviez Past participle eu ils ont auront avaient Subjunctive Conditional Passé simple Imperfect subjunctive j’ aie aurais eus eusse tu aies aurais eus eusses il ait aurait eut eût nous ayons aurions eûmes eussions vous ayez auriez eûtes eussiez ils aient auraient eurent eussent

Read More »

Bahasa Perancis: Kata Kerja Avoir

moving_to_france

Avoir adalah salah satu kata kerja dalam bahasa perancis yang paling sering digunakan. Konjugasinya tidak beraturan. Secara umum arti dari kata ini adalah “milik/punya”. Namun selain itu kata kerja ini juga digunakan dalam berbagai idiom dan juga sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb). Memiliki Avoir sering kali dapat diartikan “milik/punya” namun bisa juga diartikan sedang mengalami.

Read More »

Bahasa Perancis: Katakan Cinta Dalam Bahasa Perancis

Strasbourg-France

Orang bilang Bahasa Perancis itu adalah bahasa cinta. Jadi bahasa apa sih yang paling tepat buat menyatakan cinta sama istri atau orang yang kamu sayang? Bahasa Perancis doong. Kecuali kalo yang kamu ajak ngomong itu ga ngerti bahasa perancis.. gagal romantis deh. Anyway, ini beberapa kata-kata yang berhubungan dengan rasa cinta dalam bahasa perancis. Enjoy!

Read More »

Bahasa Perancis: Membuat Kalimat Tanya

Ingin mengetahui sesuatu? Entah anda sedang bekerja, travelling, belajar, atau hanya ingin mengetahui sesuatu, pertanyaan merupakan suatu bagian penting dari percakapan. Artikel kali ini akan membahas tentang empat  cara bertanya dalam bahasa Perancis. 1. Est-ce que Est-ce que, kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia mungkin berarti “apakah” dan kalimat ini bisa ditempatkan di depan kalimat pernyataan untuk mengubahnya menjadi suatu pertanyaan.

Read More »

Bahasa Perancis: Membuat Kalimat Negatif

La négation (Bentuk Negatif)   Membuat kalimat negatif dalam bahasa prancis bisa dibilang cukup rumit, terutama soal keterangannya yang dua ‘biji’ dan penempatannya yang kadang membingungkan. Kali ini kita akan membahas tentang keterangan negatif ne…pas, yang umumnya memang paling pertama dipelajari. Sebenarnya banyak kata keterangan negatif lainnya, tapi ne…pas merupakan dasarnya, sehingga jika kita sudah mempelajari keterangan ini, maka kita bisa membuat kalimat negatif yang lainnya.

Read More »

Bahasa Perancis: Membentuk Kalimat Dalam Bahasa Perancis

Sebuah kalimat (une phrase) merupakan sekelompok kata yang minimal terdiri atas sebuah subjek dan sebuah kata kerja dan tentunya bisa berisi jga bagian-bagian lain dari sebuah kalimat. Bagian-Bagian dari Suatu Kalimat kalimat dapat dibagi menjadi sebuah subjek (un sujet), yang bisa dinyatakan atau tersirat, daan sebuah predikat (un prédicat). Subjek berupa orang atau benda yang melakukan suatu hal, dan predikat merupakan sisa dari kalimat itu yang biasanya dimulai dengan kata kerja:

Read More »